Program Tahun Ke2

Berdasarkan hasil Penyusunan Program Kerja dan Revisi Proposal Kegiatan yang ditindaklanjuti dengan MoU KKG Gugus II Manglayang dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat pada tanggal 13 s.d 16 Juni 2010 di Hotel Delamar Cianjur . Program BERMUTU Tahun Kedua frekuensi pelaksanaannya sama dengan tahun pertama yaitu sebanyak 16 kali pertemuan. Adapun materi Pertemuan Rutin ditentukan melalui kegiatan TNA (Training Need Analisi) yaitu analisis kebutuhan pelatihan yang dilakukan Pengelola kepada semua Guru Peserta.

Dari hasil TNA tersebut munculah beberapa materi yang sangat urgen dibutuhkan oleh Guru Peserta yang selanjutnya dijadikan materi pokok Pertemuan Rutin Program BERMUTU Tahun Kedua yang dikemas dalam Program Kegiatan sebagai berikut :

Pert Aspek Materi Kegiatan Alokasi Tagihan
A. IN SERVICE (SATU HARI)
1 Kebijakan Dinas Pendidikan Kab. sumedang
  • Mendengarkan paparan dan tanya jawab
Sabtu 

24-07-2010

Resume
2 Pengenalan Model Belajar BERMUTU Hasil TNA
  • Mendengarkan paparan dan tanya jawab
B PERTEMUAN RUTIN
I Pedagogik 1.      Diskusi Cara Penentuan KKM
  • Guru pesrta berdiskusi menentukan KKM Indikator.
  • Guru peserta berlatih menentukan KKM Kompetensi Dasar.
  • Guru peserta berdiskusi menentukan KKM Standar Kompetensi
  • Guru peserta berdiskusi menentukan KKM
Sabtu 

07-08-2010

4 jp ttm

4 jp tts

4 jp tm

  • KKM
2 Pedagogik 2.      Diskusi Teknik Penyusunan Silabus
  • Mendengarkan paparan pemandu
  • Berdiskusi teknik menyusun silabus
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Silabus peserta sesuai tugas mengajar yang diampunya
3. PTK 3. Identifikasi Masalah
  • Mengidentifikasi masalah dari contoh case study.
  • Menyampaikan masalah-masalah dari hasil observasi pembelajaran di sekolahnya
  • Latihan menganalisis dan merumuskan masalah dari salah satu peserta sebagai bahan perencanaan.
  • Berlatih analisis masalah dan membuat rumusan masalah masing-masing
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Daftar indentifikasi masalah
  • Rumusan masalah
4 Pedagogik 4.      Diskusi Teknik penyusunan RPP
  • Mendengarkan paparan pemandu
  • Berdiskusi teknik menyusun RPP
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • RPP peserta sesuai tugas mengajar yang diampunya
5 Pedagogik 5.      Sistem Penilaian Kelas
  • Mendengarkan paparan pemandu
  • Berdiskusi tentang sistem penilaian
  • Refleksi
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Contoh jenis-jenis penilaian
6 PTK 6. Perencanaan dan Tindakan
  • Berdiksusi merumuskan masalah dari masing-masing guru, baik  kelompok atau pasangan
  • Latihan menyusun rencana tindakan dan instrumennya.
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Naskah rencana tindakan dan draft instrumen penelitian
7. Pedagogik 7.      Pemantapan tentang model-model Pembelajaran
  • Mendengarkan paparan pemandu
  • Berdiskusi  tentang model-model pembelajaran
  • Refleksi
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • RPP menggunakan model pembelajaran
8. 8.      Observasi /Study Visit ke sekolah
  • Peserta mempelajari pedoman observasi
  • Peserta melaksanakan observasi sesuai dengan pedoman observasi
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Laporan hasil observasi
9. Profesional 9.      Panduan Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi
  • Peserta membuat slide presentasi sederhana.
  • Guru peserta menggunakanbrouser dan mesin pencari.
  • Guru peserta berkomunikasi menggunakan yahoo dan email.
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Slide presentasi
  • Demonstrasi
  • Hasil download
  • Alamat e-mail
10. PTK 10.  Penyusunan proposal
  • Melakukan diskusi tentang rencana tindakan dari masing-masing guru(kelompok atau pasangan)
  • Melakukan latihan menyusun proposal (pleno, dari satu masalah terpilih)
  • Melakukan diskusi tentang draft proposal dari masing-masing guru (kelompok atau pasangan)
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Proposal PTK
11. Pedagogik 11.  Analisis Butir Soal
  • Guru Peserta mendengarkan dan memperhatikan paparan cara menganalisis butir soal Guru Peserta berdiskusi tentang cara menganalisis butir soal
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Contoh hasil analisis butir soal

 

12. PTK 12.  Pelaksanaan tindakan
  • Menyimak penjelasan tentang skenario dan penggunaan instrument
  • Melaksanakan tindakan (open class) oleh guru model
  • Mengobservasi Melaksanakan diskusi refleksi  berdasarkan hasil observasi
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Data-data penelitian.
13. PTK 13. Analisis dan Interpretasi Data
  • Berlatih menganalisis dan menginterpretasi data hasil observasi dan hasil tes dari salah satu peserta.
  • Berlatih menganalisis dan menginterpretasi data hasil observasi dan hasil tes dari masing-masing peserta.
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Hasil analisis dan interfensi data
14 PTK 14. Refleksi dan perencanaan siklus 2
  • Berdiskusi tentang hasil analisis dan hasil interpretasi data dari masing-masing guru.
  • Berlatih merefleksi hasil pelaksanaan tindakan berdasar-kan hasil analisis & interpretasi data
  • Latihan menyusun  rencana tindakan siklus II dari salah satu hasil refleksi terpilih.
  • Berlatih melakukan refleksi dan penyu-sunan rencana tin-dakan untuk siklus II (berdasarkan data/hasil tindakan masing-masing peserta)
  • Berdiskusi tentang hasil rencana
  • tindakan untuk siklus II dari masing-masing peserta.
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Laporan hasil refleksi dan rencana tindak lanjut PTK siklus II
15. PTK 15. Penyusunan laporan
  • Berdiskusi tentang hasil pelaksanaan tindakan siklus II yang sudah dianalissi, diinterpretasi dan direfleksikan dari masing-masing guru (kelompok atau pasangan)
  • Berlatih menyusun laporan salah satu hasil PTK terpilih
  • Berlatih berlatih menyusun laporan PTK (berdasarkan hasil PTK dalam 2 Siklus dari masing-masing peserta)
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Draf t laporan PTK
16. PTK 16. Penyusunan laporan
  • Berdiskusi kelas (pleno) untuk membahas contoh hasil penulisan laporan draft 1 dari salah satu guru)
  • Berdiskusi kelompok untuk membahas hasil penulisan laporan draft 1 dari masing-masing guru.
  • Menyelesaikan penulisan laporan PTK oleh masing-masing guru.
4 jp ttm 

4 jp tts

4 jp tm

  • Laporan PTK
C Pertemuan di FKKG Desiminasi 2 kali
  • Karya Terbaik

Seperti tahaun pertama, Kegiatan Program BERMUTU didanai oleh DBL (Dana Bantuan langsung) yang diterima KKG Gugus II Manglayang.

Satu Tanggapan

  1. dengan adanya progam tahun ke2 ini, mudah2an para peserta kkg gugus manglayang dapat mengikutinya dg lancar ……kehadirannya baik…..dan ilmu yang didapatnya dapat dipakai bekal dilapangan…..untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: