Pertemuan Rutin II (Diskusi Cara Penentuan KKM)

1.1.   Pertemuan Rutin II (Diskusi Cara Penentuan KKM)

Pertemuan Rutin I dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 23 Oktober 2010 dimulai pada pukul 10.00 – 14.00 bertempat di SD Inti (SD Negeri Manglayang I).

Materi kegiatan yaitu Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang meliputi:

a)         pengertian kriteria ketuntasan minimal;

b)        fungsi kriteria ketuntasan minimal;

c)         mekanisme penetapan  kriteria ketuntasan minimal;

d)        Menganalisis pencapaian kriteria ketuntasan minimal untuk ditindaklanjuti.

Sumber belajar yang digunakan adalah “Panduan Penetapan KKM” yang dikeluarkan oleh BSNP. Kegiatan ini dipandu oleh tiga orang guru pemandu yaitu : Utomo Nurdin aji, S.Pd., Atus Hendaryat, S.Pd., dan Rachmat Hidayat.

Langkah-langkah kegiatannya adalah : Penjelaskan secara ringkas tentang topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan, guru pemandu menjelaskan secara ringkas tentang Latar belakang Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal, menjelaskan  pengertian, fungsi  dan mekanisme kriteria ketuntasan minimal, Guru Peserta diberi kesempatan untuk mengajukan beberapa pertanyaan tentang latar belakang , pengertian, fungsi, dan mekanisme  Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal, Guru Pemandu membagi peserta berdasarkan kelas yang diampunya di sekolah masing-masing, Guru Pemandu mengajak peserta untuk memperhatikan silabus pembelajaran yang dibawa oleh guru peserta serta mengkajinya, Guru Peserta memilih salah satu mata pelajaran/ tema untuk ditetapkan Kriteria Ketuntasan Minimalnya, Beberapa guru peserta mempresentasikan hasil kerjanya, Guru pemandu menjelaskan atau menayangkan tentang fungsi dan cara menganalisis pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal, Guru Peserta menganalisis pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal dengan data yang telah disiapkan, refleksi, penjelasan tugas.Adapun tagihan pertemuan I adalah menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal di kelasnya masing-masing, dan menganalisis Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal di kelasnya masing-masing.

Kegiatan pertemuan rutin I dapat terlaksana dengan baik. Setelah mengikuti kegiatan pertemuan rutin I  para peserta makin paham dalam menetapkan KKM dan mulai mengimplementasikan di kelasnya masing-masing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: